22.4.16

Kandungan Dan Manfaat Yang Terdapat Pada Cipluan

Kandungan Dan Manfaat Yang Terdapat Pada Cipluan


Ceplukan atau ciplukan yang dalam bahasa latin disebut sebagai Physalis angulata merupakan salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter saja. Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan).

Ceplukan atau ciplukan dikenal dengan berbagai nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) disebut sebagai Physalis angulata yang bersinonim dengan Physalis minima dan Physalis peruviana.Ceplukan merupakan tanaman semusim yang mempunyai tinggi sekitar 1 meter. Batang ciplukan berongga dan bersegi tajam.

Pohon ceplukan diduga berasal dari daerah tropis Amerika dan tersebar ke berbagai kawasan di Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia, ciplukan tumbuh secara alami di semak-semak dekat pemukiman hingga pinggiran hutan. Tumbuhan yang kaya manfaat sebagai obat-obatan herbal ini mampu hidup hingga ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut.

Manfaat Untuk Kesehatan

Kini jelas sudah jika tanaman ini memang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Tanaman ini juga tergolong multifungsi karena tak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat dan manfaat melainkan hampir seluruh bagian dari tanaman ini menyimpan manfaat yang besar bagi manusia.

Tahukah kalian ?, dari semua struktur tanaman ciplukan tersebut dapat membantu mengobatipenyakit yang dapat dikategorikan dalam penyakit berat.Namun banyak orang yang selama ini memandang sebelahmata buah ini tanpa mengetahui khasiat buah tersebut,dan hanya merasakan rasa manis dari buahnya saja tanpa mengetahui khasiat mujarab dari batang,daun,dan akarnya.Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :


   1. Vitamin C,gula,fisalin,tanin,kriptoxanin,polifenol,dan steroid terletak pada buahnya.

   2. Asam palmiat,stearat terletak pada biji buahnya

   3. Flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas

   4. Alkaloid terletak pada akarnya

   5. Chlorogenic acid terletak pada batang dan daun.


Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainnya seperti asam malat,asam sitrun,dan H2o yang semua zat-zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh kalian.


1. Manfaat akar ciplukan :

Mengobati penyakit diabetes melitus,cara menyajikan sebagai obat tradisional sebagai berikut : Pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur,cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan,sebelum di rebus,ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu.Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih,tunggu sampai rebusan tersebut benar-benar mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja.Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar,minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

2. Manfaat buah ciplukan :

Mengobati penyakit ayan/epilepsi : Jika kalian atau anggota keluarga kalian ada yang mengidap penyakit berbahaya ini,saya menganjurkan mengkonsumsi sekitar 10 butir buah ciplukan setiap hari.Kandungan pada buah ciplukan membantu mengatasi ayan secara berkala.Semoga berhasil.


3. Manfaat daun ciplukan :

Mampu me;awan kanker : Meskipun daun tanaman ciplukan terlihat biasa-biasa saja tapi siapa sangka manfaatnya luar biasa,bisa melawan kanker sekalipun,wow.

Menurut beberapa penelitian kesehatan,steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel-sel gansa yang tumbuh dalam tubuh.Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan  tumor, kanker.





Sumber:

http://www.hear.org/pier/imagepages/thumbnails/physalis_angulata.htm

http://www.indonews.co.id/1000-manfaat-dan-khasiat-buah-ciplukan-bagi-kesehatan/

http://info-wahib.blogspot.co.id/2014/10/kegunaan-buah-ciplukan-yang-luar-biasa.html
>

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga Artikel diatas dapat membantu menemukan apa yang sedang Anda cari. Silahkan tinggalkan komentar.